Friday, June 29, 2012

Ryno Micro-Cycle, sepeda motor beroda satu

Ryno Micro-Cycle
Ryno, Motor Canggih Cuma Satu Roda

Semakin berkurangnya bahan bakar minyak membuat sejumlah perusahaan otomotif terus mengembangkan produk yang ramah lingkungan. Adalah Ryno, perusahaan mobil asal Amerika Serikat ini mengembangkan Ryno Micro-Cycle.

Tak seperti mobil listrik ramah lingkungan yang lain, Micro-Cycle hanya menggunakan satu roda. Dengan satu roda ini, efisiensi listrik sangat tinggi. Karena itu, selain ramah lingkungan, motor ini juga mudah masuk gang-gang sempit.

Meski satu roda, seperti dilansir Automotto, Senin 18 Juni 2012, motor ini mudah dikendarai. Desainnya sengaja dibuat mirip motor sport. Ryno menggunakan ban berukuran besar dengan telapak lebar. Setang dan kokpit yang dilengkapi windshield menguatkan kesan tersebut.

Motor yang dilengkapi baterai lithium-iron-phosphate ini mampu menempuh jarak 48 kilometer, dengan kondisi baterai terisi penuh. Pemilik cukup melakukan pengisian baterai selama 1,5 jam. Ryno dapat melesat hingga kecepatan 40 km/jam.

Dengan bobot ringan, yakni 57 kilogram, motor ini akan mudah dibawa ke dalam lift dan kamar, bagi para pemiliknya yang tinggal di apartemen. Ryno dinilai cocok digunakan di antara pejalan kaki di perkotaan, dan sebagai sarana transportasi jarak dekat.

Motor ini diperkirakan dijual dengan harga US$4.500 atau sekitar Rp42,3 juta dan diharapkan dapat dipasarkan awal 2013.

otomotif.vivanews.com

Jupiter Z siap jadi sepeda motor bebek pertama Yamaha yang gunakan teknologi injeksi

New Jupiter Z
Jupiter Z Injeksi Siap Meluncur Bulan Depan?

Jupiter Z siap menjadi motor bebek pertama Yamaha yang akan menggunakan teknologi YM-JET FI atau sistem injeksi andalan mereka. Dengan teknologi tersebut, motor ini akan memiliki performa tinggi dengan konsumsi BBM yang dirancang lebih irit 30 persen.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) berencana melepas New Jupiter Z injeksi dalam waktu dekat ini. "Rencananya bulan depan," kata sumber YIMM kepada VIVAnews, Jumat 29 Juni 2012. Sayangnya, YIMM masih menyimpan rapat informasi tentang New Jupiter Z tersebut. "Ditunggu saja, pasti akan kita infokan," kata General Manager Marketing & Communication YIMM Eko Prabowo.

Saat ini, Jupiter Z memberikan kontribusi terbesar nomor dua dalam hal penjualan di kelas bebek Yamaha. Selama April 2012 lalu, motor yang kerap dipakai untuk ajang balap ini terjual sebanyak 12.969 unit.

Yamaha Jupiter pertama kali muncul tahun 2000, dengan mendalkan mesin 110 cc. Tiga tahun kemudian, Yamaha melakukan penyegaran desain dan penambahan kode "Z" di nama belakangnya. Selanjutnya pada 2009, lahirlah generasi ketiga Jupiter Z dengan konsep baru yang mengusung mesin 115 cc.

Penerapan atau migrasi ke teknologi injeksi memang menjadi suatu keharusan dari setiap produsen sepeda motor Indonesia. Sebab, Indonesia akan menerapkan emisi gas buang euro 3 pada 2014.

otomotif.vivanews.com

Kredit mobil Suzuki Karimun Estilo dengan cicilan Rp.75 ribu per hari

Suzuki Karimun Estilo 2012
Cicilan Mobil Ini Rp75 Ribu per Hari

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) punya cara jitu untuk bisa menarik minat konsumen terhadap produk-produknya di ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2012. Salah satunya adalah cicilan Rp75 ribu per hari. "Di PRJ kali ini, kami tidak memberikan potongan harga. Suzuki hanya tawarkan program bunga nol persen, tenor sampai dengan tiga tahun dan cicilan Rp75 ribu per hari yang berlaku untuk Suzuki Karimun Estilo," kata Endro Nugroho, Direktur Marketing Suzuki Indomobil Sales.

Menurut Endro, program yang ditawarkan ini untuk menyiasati kenaikan uang muka minimal 30 persen. Dengan program bunga nol persen dan cicilan Rp75 ribu per hari, tentunya dapat meringankan konsumen dalam membeli mobil secara kredit. "Terus terang saja untuk kendaraan komersial, pengaruh kenaikan DP pasti ada. Tapi, semuanya akan terbiasa jika masyarakat mengetahui apa yang sudah diatur oleh pemerintah," kata Endro.

Pada PRJ tahun ini, Suzuki menargetkan mampu menjual 700 sampai 1.000 mobil dari seluruh varian yang mereka miliki.

otomotif.vivanews.com

Thursday, June 28, 2012

Yamaha akan pasarkan sepeda motor termurah di dunia seharga Rp 4,7 Juta

Yamaha Crux 110
Ini Alasan Yamaha Mau Buat Motor Murah Seharga Rp 4,7 Juta

Beberapa waktu lalu Yamaha mengumumkan untuk segera melahirkan motornya yang termurah di dunia dengan harga hanya Rp 4,6 juta saja. Apa alasan Yamaha mau terjun di level itu?

"Sejauh ini kami sudah cukup sukses dengan motor-motor premium (mewah) di India. Dan sekarang saatnya untuk memasuki pasar dimana volumenya tinggi," ujar CEO India Yamaha Motor Pvt. Ltd. Hiroyuki Suzuki dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal.

Saat ini, motor termurah Yamaha di India adalah Crux 110 yang berharga 38.365 rupee atau sekitar Rp 6,3 juta dan diekspor ke berbagai negara seperti China.

Model terbaru Yamaha itu diyakini akan membuat motor Yamaha makin populer di India. Apalagi jika melihat India, pasar motor sangat tinggi karena lebih murah dan lebih irit dibanding mobil.
Yamaha pun menargetkan pangsa pasar 10 persen pada 2016. Saat ini pangsa pasar Yamaha masih kecil yakni 3,5 persen.

oto.detik.com

3 varian mobil Mitsubishi Mirage siap masuk pasar Indonesia pada September 2012

Mitsubishi Mirage
Mitsubishi Mirage Dipasarkan September

Seusai meluncurkan Outlander Sport bulan depan, produk baru lain Mitsubishi yang menyusul adalah Mirage. Kendaraan hasil program eco car yang dicanangkan Pemerintah Thailand ini akan masuk pasar Indonesia pada September 2012. "Rencananya kami mau meluncurkan sebelum IIMS (Indonesia International Motor Show) dan saat pameran sudah mulai jualan. Mudah-mudahan lancar," komentar Rizwan Alamsjah, Direktur Pemasaran Eksekutif PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), di Kantor Pusat Mitsubishi, Pulomas, Jakarta Timur, Senin (25/6/2012).

Mirage dibekali mesin 1,2 liter dengan sistem continuously variable transmission (CVT), fitur audio, koneksi USB, tombol menyalakan mesin (start engine button), dan kantong udara (SRS airbag). Mitsubishi akan memasarkan Mirage dalam tiga varian, yakni Mirage GLS A/T, GLX M/T, dan Mirage Exceed A/T. Semua varian ini sudah diajukan KTB dalam daftar nama dan tipe kendaraan bermotor di Kementerian Perindustrian, awal tahun ini.

Kehadiran Mirage di Indonesia akan meramaikan pasar mobil kompak (segmen A). Jika dilihat dari kapasitas mesin, maka ia akan langsung bersaing dengan Nissan March dan menyusul Honda Brio. Di Thailand, Mirage dibanderol 380.000-546.000 bath atau setara Rp 113,1 juta-Rp 162,5 juta per unit. Untuk Indonesia, Rizwan mengaku harga yang ditawarkan tidak terpaut jauh dengan produk di segmen yang sama. "Kami akan pasok secara CBU dari Thailand, memanfaatkan skema kerja sama AFTA sehingga tidak terbebani bea masuk (BM)," tutup Rizwan.

otomotif.kompas.com

Honda BeAT Injeksi Akan Dipasarkan Di Indonesia Tahun Ini

Honda BeAT
Honda Siapkan BeAT Injeksi

Honda Indonesia terus menyempurnakan jajaran sepeda motornya dengan teknologi injeksi. Kali ini produk yang dipersiapkan BeAT, skutik entry level yang terlaris di Indonesia. PT Astra Honda Motor (AHM) berencana melepas BeAT Programmed fuel Injection (PGMFI) pada kuartal terakhir tahun ini. Kehadirannya untuk menyaingi Yamaha yang sudah lebih dulu melepas Mio J (injeksi) ke segmen yang sama.

Selain sistem pengabutan bahan bakar yang sudah injeksi, Honda juga akan akan mengubah tampilan dari BeAT. "Ya akan ada penyegaran nantinya," beber sumber AHM yang tidak mau disebutkan namanya, Kamis (28/6/2012). Soal harga, sumber masih belum mau membocorkan. Tetapi berdasarkan pengalaman model sebelumnya (Spacy dan SupraX 125), perbedaan dari model karburator berkisar Rp250.000an.

Pada Mei 2012, menurut data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), BeAT berhasil dilego 126.372 unit. Jumlah ini menjadi yang terbesar, mengalahkan dominasi yang sebelumnya dipegang Yamaha Mio. BeAT dipastikan menjadi model penutup Honda yang menggunakan teknologi injeksi pada tahun ini.

Melihat kondisi ini, satu pekerjaan rumah yang wajib dilakukan Honda adalah kembali gencar menyosialisasikan kelebihan teknologi injeksi kepada konsumen, kalau tidak mau posisinya kembali direbut Yamaha. Setuju!

otomotif.kompas.com

Tuesday, June 26, 2012

Sepeda motor Yamaha YB125SP akan segera dipasarkan di China

Yamaha YB125SP
Yamaha Segera Luncurkan YB125SP Terbaru di China

Yamaha Motor Company Limited meluncurkan generasi terbaru Yamaha YB125SP di China, akhir bulan ini (Juni 2012). Sepeda motor sport dengan mesin kecil ini merupakan peremajaan dari model (YB125), yang sebelumnya cukup sukses di pasar China.

Yamaha berharap, peremajaan YB125SP bisa meningkatkan penjualan karena dikembangkan sesuai kebutuhan konsumen di China. Mereka menuntut sepeda motor yang praktis, mudah dikendarai dan harganya terjangkau. "Produk ini diciptakan untuk memperbesar skala bisnis, sesuai target jangka menengah perusahaan," tulis Yamaha dalam keterangan resminya pada Kamis 21 Juni 2012 lalu.

YB125SP akan diproduksi oleh perusahaan gabungan Chongqing Jianshe Yamaha Motor Company Limited. Sedangkanpemasaran dikendalikan oleh Shanghai Yamaha Jianshe Motor Marketing Company Limited.

Saat ini, pasar sepeda motor di China tercatat 14 juta unit per tahun. Dari jumlah itu, 60 persen dikuasai oleh model yang masuk kategori praktis. Yamaha YB125 yang sudah diproduksi sejak 2004, dipercaya oleh konsumen karena ketangguhan dan daya tahannya yang tinggi.

YB125SP dikembangkan dari model sebelumnya, khususnya mudah dikiendarai, nyaman bagi pengendara pemula dan berbonceng sambil membawa barang melewati jarak sedang. Yamaha menawarkan YB125SP dalam beberapa varian, termasuk pilihan pelek jari-jari, palang, cakram depan, tromol depan, termasuk empat pilhan warna.

otomotif.kompas.com

Terbalik pasang rotasi ban mobil bisa membahayakan berkendara

Ban Directional
Efek Memasang Ban Rotasi Terbalik

Untuk ban tipe directional dan asymmetrical terdapat aturan pemasangan dibanding simetris. Directional ditandai dengan penunjuk arah berbentuk panah, sementara asymmetrical memakai tulisan "outside" dan "inside". Terkadang ada pengguna yang secara sembrono menukar posisi dengan alasan bagian luarnya sudah habis. Lalu, apa efeknya jika hal tersebut dilakukan?
Berikut penjelasan dari Adang Supandi, Product Technical Senior Manager, PT Gajah Tunggal.

Bahaya Saat Hujan

"Langkah tersebut tidak dibenarkan terlebih saat melintas di lintasan yang basah. Karena dapat menyebabkan adanya aquaplanning berlebihan sehingga dapat menghilangkan stabilitas," jelas Adang. Apalagi, lanjutnya, kecepatan berada di atas 40 kpj. Sebab, kembangan ban sudah didesain untuk membuang air. Dengan kondisi terbalik maka fungsinya berubah menjadi menampung air. Akibatnya air akan berkumpul dan membentuk lapisan air antara ban dengan aspal.

Lain halnya ketika digunakan pada lintasan kering. "Efeknya, suara gesekan ban lebih berisik dan kembangan ban lebih cepat habis," papar Adang. Stabilitas, menurutnya tidak terlalu berpengaruh.

Kondisi Tertentu

Ada teori dari Chandra Alim, pebalap nasional, seputar rotasi berlawanan. "Kondisi rotasi di balik dapat membantu pengereman lebih pakem," ujar Chalim, sapaan akrabnya. Informasi tersebut didapat dari mekanik saat mengikuti Australian Touring Car Championship pada 1990-an.

Teori tersebut bisa dilakukan pada mobil penggerak belakang dengan tenaga yang besar. Itu pun hanya berlaku untuk ban depan saja. "Karena saat dibalik menimbulkan efek lebih mencengkram saat di rem. Dengan begitu jarak pengereman bisa lebih dekat," ungkap Chalim.

Tetapi, lanjutnya teori ini tidak berlaku untuk mobil gerak roda depan karena sebagai pusat traksi di mana tempat beban berkumpul. "Jangan sekali-sekali melakukan saat lintasan basah karena akan mengurangi stabilitas cukup besar dan bisa sangat berbahaya karena mobil kehilangan kontrol. Saya melakukan ini hanya untuk di lintasan balap, tidak di jalan raya," tegas Chalim.

otomotif.kompas.com

Sunday, June 24, 2012

Otonomos, mobil berkemudi otomatis yang akan meringankan tugas pengemudi

Otonomos
Mobil Mengemudi Sendiri Mulai Dijual Pertengahan Dekade ini

Diperkirakan, pada pertengahan dekade ini, mobil otonomos atau swa-mengemudi, mulai dipasarkan oleh produsen untuk segmen premium. Namun para ahli dari perusahaan mobil menyimpulkan, teknologi tersebut tidak bisa dicangkokkan begitu saja. Faktor mendasar yang perlu dipertimbangkan adalah kebiasaan pengemudi. Masalah yang akan muncul, bagaimana pengemudi mengubah kebiasaan pada mobil Otonomos? Kalau mobil yang masih disupiri oleh manusia secara menyeluruh, pengemudi harus fokus ke jalan! Lantas bagaimana dengan pengemudi pada otonomos? Di lain hal, tidak mudah bagi setiap orang mengubah kebiasaan. Untuk itulah para ahli mempelajari tabiat manusia menghadapi perubahan. Sama dengan kondisi sekarang, mengubah kebiasaan membaca dari buku, koran atau majalah (cetak) ke media digital, yaitu tablet atau iPad atau layar komputer.

Aktivitas SMS

General Motors (GM) salah satu produsen yang sudah memastikan akan mencangkokkan teknologi Otonomos pada salah mereknya, yaitu Cadilla, baru-baru ini bersama mitra kerjanya meneliti aktivitas pengemudi pada mobil semi dan otonomos penuh. Ditemukan fakta, perhatian pengemudi dapat ditingkatkan dengan adanya asisten canggih tersebut plus fitur keselamatan lain. "Pengemudi selalu punya kebiasaan berisiko tinggi. Misalnya, mengoperasikan smarthphone atau gadget elekronik saat mengemudi. Untuk memberi rasa aman, termasuk orang-orang di sekitarnya, kami coba membuat mobil yang dapat mengemudi sendiri atau diotomatisasikan,” kata Dr. Eddy Llaneras, investigator di Virginia Tech Transportation Institute. Dengan cara ini diharapkan, jalan raya bukan lagi ajang manusia menjadi korban kelalaiannya.

Dijelaskan, satu dari tiga pengemudi yang disurvei oleh AAA Foundation’s 2011 Traffic Safety Culture Index, melakukan aktivitas, mengirim pesan singkat (SMS) atau menerima dan mengirim surat elektronik (email) selagi mengemudi. Padahal, sebagian besar mereka sebenarnya tidak suka dengan kegiatan tersebut.

Lebih fokus

GM juga melakukan penetlian, menguji perhatian visual supir yang mengudikan mobil dengan tangan di setir dan setir yang membelokkan kendaraan secara otomatis. Keduanya melaju pada kecepatan penuh, sama-sama dilengkapi "adaptive cruise control" atau kontrol jelajah pintar (bisa menyesuaikan kecepatan dengan mobil di depannya). Studi dilakukan melalui simulator di Universitas Indiana-Universitas Purdue di Indianapolis dan penelitaian oleh VTTI pada tes trek GM di Michigan.

Ketika tidak berakivitas (mobil terus jalan), pengemudi punya kecenderungan membagi perhatian visual antara jalan dengan hal lain atau tidak lagi melihat ke jalan. Di samping itu, berdasarkan studi disimpulkan, pengemudi berpengalaman dengan tambahan fitur seperti Forward Collison Alert, membuatnya lebih fokus ke jalan sampai 126 persen ketika setir otomatik dioperasikan. Kemampuan mendeteksi dan merespon kejadian di jalan raya makin tinggi.

Jarak jauh

"Sejak puluhan tahu lalu banyak orang bermimpi punya mobil yang bisa mengemudi sendiri. Kenyataan, hanya sebagian yang bisa menyesuaikan dengan teknologi ini saat pertama kali diperkenalkan. Untuk itulah studi ini dilakukan, membantu GM dan mitra risetnya menentukan metode terbaik agar pengemudi tetap terlibat mengemudikan mobilnya," kata John Capp, GM Director of Global Active Safety Electronics& Innovation.

GM kini menyiapkan teknologi Drive Assist Package yang ditanamkan pada semua Cadillac XTS dan sedan ATS yang diproduksi November mendatang. Paket ini sudah termasuk fitur adaptive cruise control kecepatan penuh dan rem darurat otomatik untuk mencegah tabrakan. Riset kebiasaan manusia bertujuan untuk membantu GM dan pemasoknya menentukan teknologi yang dibutuhkan pengemudi dan memastikan sistem Otonomos di masa yang akan datang benar-benar aman.

Beberapa peserta survei yang diteliti sangat tertarik dengan otonomos. Mereka menilai, teknologi ini bisa sangat membantu pengemudi ketika melakukan perjalanan jarak jauh. Beban kerja pengemudi akan menjadi lebih ringan. GM dan mitranya menyimpulkan, cara pengemudi berinteraksi dengan kendaraan dan teknologi keamanan aktif akan menjadi kunci mobil menjadi otonomos. Diharapkan akan membantu pengemudi, khususnya di jalan yang memungkinkan teknologi ini digunakan secara penuh.

otomotif.kompas.com

Mobil generasi terbaru Porsche Boxster meluncur perdana di Jakarta

Porsche Boxster
Porsche Wong Jowo Kini Hadir di Jakarta

Setelah sukses meluncurkan varian Porsche Boxster generasi sebelumnya di wilayah kawasan Jawa Tengah, Jawa Timur dan Medan, PT Eurokars Artha Utama kini memilih Jakarta untuk meluncurkan generasi baru Porsche Boxster dan Boxster S. Vice President Sales & Marketing PT Eurokars Artha Utama (EAU) Yudi W Widodo dalam presentasinya dihadapan para jurnalis mengatakan, "Porsche Boxster adalah mobilnya wong Jowo, karena selama ini kendaraan tersebut banyak diminati dan sangat laris di Solo, Surabaya, Yogyakarta dan Medan,"

Yudi memaparkan bahwa untuk kali ini, pihaknya membidik Jakarta sebagai lokasi pembuka kehadiran varian Boxster terbaru ini. Ia juga mengaku terkejut saat menyaksikan sosok terbaru Boxster yang dinilainya memiliki desain sangat luar biasa dibandingkan dengan sebelumnya. "Saya sudah mengenal model-model Boxster sebelumnya, tapi saya tidak menyangka dan terkejut melihat desain terbaru yang disodorkan oleh Porsche pada model Boxster terbaru ini. Begitu melihat sosoknya ada rasa gimana gitu," tuturnya kepada Media Indonesia usai peluncuran kendaraan di markas Porsche Center Jakarta di Arteri Pondok Indah, Kamis (21/6).

Karena kendaraan ini umumnya dipesan secara bespoke (personalisasi sesuai keinginan pembelinya), Yudi menyatakan kesulitan untuk memastikan berapa harga jual roadster dua penumpang ini ketika tiba di Jakarta. Ia hanya memberikan ancer-ancer, kendaraan yang di negara asalnya dihargai 50.000 euro ini diperkirakan memiliki harga dasar sekitar Rp1,3 miliar off the road. "Kita sulit memperkirakannya karena harganya nanti tergantung apa yang diinginkan oleh pemesannya. Contohnya jika pemiliknya menginginkan rem jenis keramik maka harganya akan bertambah sekitar Rp200 jutaan. Belum kalau konsumen menginginkan personalisasi untuk sektor lainnya," terang Yudi.

The new Boxster dan Boxster S, Lebih ringan dan lebih berotot, sangat khas dan sangat hemat bahan bakar. Kendaraan yang diberi kode produksi Porsche 981 tersebut memiliki tonneau cover alias atap lunak yang dapat dinaik-turunkan secara elektris dalam tempo sekitar 9 detik hingga kecepatan maksimal 40 km/jam. "Konsumen dapat juga memilih warna atapnya yang tersedia dalam empat pilihan. Hitam, Coklat, Merah dan Biru. Begitu pula ukuran veleknya mulai 18, 19 hingga 20 inci," ujar Yudi.

Roadster ini memiliki ubahan desain yang sangat signifikan ketimbang pendahulunya, namun tetap mengusung semangat Boxster yang utuh lewat peningkatan performa serta efisiensi bahan bakarnya. Porsche Boxster anyar dipersenjatai mesin flat-six (boxer) 2.7 liter yang mampu menghasilkan daya 265 hp pada 6.700 rpm dengan kekuatan puntir 280Nm antara 4.500-6.500 rpm. Dikombinasi dengan transmisi otomatis kopling ganda PDK ((Porsche Dopplekupplunggetriebe) 7-speed yang diusungnya, Porsche Boxster mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam tempo 5,5 detik dengan kecepatan puncak hingga 264 km/jam.

Sedangkan varian Boxster S mengusung mesin boxter yang lebih ganas dengan kapasitas 3.5 liter yang mampu menghasilkan output sebesar 315 hp pada 6.700 rpm dan torsi maksimal 360 Nm antara 4.500 rpm hingga 5.800 rpm. Boxster S dapat melakukan sprint dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam tempo4,8 detik sementara kecepatan puncaknya, mampu memutar jarum spidometernya hingga menyentuh angka 279 km/jam. "Boxster ditujukan untuk merangsang kebebasan jiwa para penggemar Porsche di Indonesia dengan penggunaan mid–engine yang menjanjikan pengemudian yang lincah dan menyenangkan," ujar CEO EAU Herbert Kwee.

Menurutnya, kendaraan yang terinspirasi dari Porsche 550 dan Carrera GT ini memiliki tubuh baru yang ringan, wheelbase lebih panjang, trek yang lebih luas dan roda yang lebih besar secara signifikan meningkatkan dinamika mengendaraannya.

www.mediaindonesia.com

Friday, June 22, 2012

Skutik Aprilia SRV 850 dari Piaggio, keren tapi belum masuk pasar Indonesia

Aprilia SRV 850
Skutik Italia Kaya Fitur Pengaman Aktif

Aprilia memastikan segera memproduksi generasi terbaru SRV850 dilengkapi dengan fitur keamanan aktif anti-lock braking system (ABS) dan Automatic Traction Control (ATC). Skuter matik ini menjadi produk ketiga dari Piaggio Group yang menggunakan teknologi tersebut setelah sebelumnya pada Piaggio BV350 dan Piaggio X10.

Teknologi ABS pada SRV850 menggunakan sensor yang diaplikasi pada rem cakram depan. Sensor ini menangkap kecepatan putaran roda yang bila kecepatan, ECU (electronic control unit) akan mengatur tekanan pada sistem hidrolis rem, mencegah terjadinya penguncian pada piringan cakram.

Sedangkan ATC berkerja hampir mirip dengan ABS. Jadi, ketika roda belakang berputar lebih cepat dari roda depan, ini menandai terjadi "wheel slip". Unit kontrol traksi lantas mengatur pengapian dan waktu penyemprotan untuk mengatur torsi agar roda belakang tidak kehilangan daya cengkeram. Untuk fitur ini, Aprilia menyediakan dua jenis penggunaan yakni sport dan standar dengan tombol aktivasi pada setang kanan. Tipe sport disiapkan bagi mereka yang senang "agresif" sedangkan "standar" untuk kegunaan sehari-hari. Cocok untuk turing atau komuter dengan jarak tempuh menengah sampai jauh.

Aprilia SRV850 ABS-ATC masih dibekali mesin yang sama 839,3 cc bertenaga 76,5 PS pada 7.750 rpm dan torsi 76,3 Nm pada 6.000 rpm. Perbedaan dengan model standar, hanya ada pada bobotnya yakni 551 pound (249,9 kg) dari sebelumnya cuma 549 pound (249,02 kg). Belum ada kepastikan kapan Aprilia berencana meluncurkan ERV850, tapi kabarnya untuk Amerika Utara, baru tahun depan.

otomotif.kompas.com

Wednesday, June 20, 2012

Renault Zoe, mobil listrik dengan jarak tempuh terjauh

Renault Zoe
Ini Dia Mobil Listrik dengan Jarak Tempuh Paling Jauh

Mobil listrik asal Prancis, Renault Zoe mencetak rekor. Mobil listrik bertubuh mungil ini sanggup berjalan terus hingga 1.618 km dalam 24 jam. Dengan perjalanan itu, maka Renault Zoe pun didaulat sebagai kendaraan listrik yang mampu memiliki jarak perjalanan terpanjang dalam 24 jam.

Dalam siaran pers Renault, pemecahan angka ini sendiri dilakukan di pusat teknis Aubevoye, dimana sebuah Renault Zoe melakukan perjalanan sejauh 1.618 km untuk mengalahkan rekor sebelumnya yang berada di angka 338 km. Untuk mencapai angka ini Renault Zoe membuktikan diri sebagai mobil listrik yang dapat diandalkan.

Mobil yang sempat diprotes namanya oleh para ibu ini mampu mengisi tenaganya dalam waktu yang super cepat yakni pengisian 80 persen tenaga di baterai hanya dalam waktu kurang dari 30 menit bandingkan dengan mobil listrik yang banyak beredar di pasaran sekarang yang masih membutuhkan waktu berjam-jam untuk mengisi baterai mereka. Dengan kemampuan itu, Renault Zoe dalam 24 jam pengetesan itu bisa diisi tenaganya hingga 18 kali.

Mobil ini sendiri dilengkapi dengan motor listrik yang menghasilkan tenaga hingga 88 hp dengan torsi sebesar 220 Nm. Berbekal kekuatan ini, Renault Zoe mampu mencapai kecepatan tertinggi 135 km/jam dan menempuh perjalanan hingga 210 km hanya dengan sekali charge.

oto.detik.com

Tuesday, June 19, 2012

Uang muka kredit sepeda motor murah dengan sistem syariah

Sepeda Motor
Masih Ingin DP Murah Motor, Ini Solusinya

Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan telah menaikkan uang muka kredit sepeda motor menjadi 25 persen mulai 15 Juni lalu. Dengan begitu, tak ada lagi konsumen yang bisa membawa pulang motor dengan uang muka Rp500 ribu. Peraturan ini tentu membuat sebagian konsumen kesulitan untuk bisa mendapatkan sepeda motor, terutama dari golongan ekonomi ke bawah. Meski begitu, masih ada beberapa alternatif lain yakni sistem syariah.

Beberapa produsen sepeda motor seperti Astra Honda Motor (AHM) dan Suzuki Indomobil Sales (SIS) R2 menawarkan alternatif dengan menggunakan sistem kredit syariah. Pengaturan besaran kenaikan uang muka kredit memang tidak diberlakukan di sistem syariah. Dengan sistem kredit ini, DP hanya dikenakan sebesar 15 persen dari harga asli. "Kami punya solusi dengan sistem kredit syariah, yang menawarkan uang muka sebesar 15 persen. Tak cuma itu, kelebihan sistem syariah juga tidak terkena penalti dan semua peraturannya akan disesuaikan dengan hukum syariah," kata Deputy Sales Division Head AHM, Thomas J.A. Wijaya, Selasa 19 Juni 2012.

Dengan selisih yang cukup besar dibandingkan sistem kredit konvensional, diharapkan sistem syariah bisa menjadi solusi terbaik kepada konsumen yang masih membutuhkan uang muka ringan. Syariah memberikan kemudahan di awal, hanya angsuran yang dibayarkan akan lebih tinggi.

Sistem Syariah juga ditawarkan SIS R2 sebagai agen tunggal pemegang merek Suzuki di Tanah Air. Produsen otomotif berlambang "S" ini berharap sistem ini dapat membuat penjualan motor miliknya stabil dan tak perlu merevisi target di 2012. "Untuk mengantisipasinya dengan sistem syariah. Sistem akan memudahkan konsumen di awal, dengan uang muka yang lebih kecil. Tapi, agak tinggi di cicilannya," kata Deputy General Manager SIS R2, Suandi Widiarto Deputy GM SIS R2.

Namun di sisi lain, kata Suandi, ada hal positif dari kenaikan DP ini, konsumen yang ada sekarang jadi lebih berkualitas. Diketahui, SIS menargetkan penjualan sebanyak 700 ribu unit di tahun ini. Andalan penjualan Suzuki ada di varian Suzuki Satria 150 dan Suzuki Nex, baik versi injeksi ataupun karburator.

otomotif.vivanews.com

Arti kode pada velek dan ban kendaraan

Velek dan Ban Mobil
Apa Sih Makna Tulisan di Ban dan Velek?

Velek dan Ban merupakan komponen yang tidak terpisahkan saat kita ingin mendandani mobil kesayangan. Keduanya memiliki motif dan desain yang sangat beragam sehingga harus pandai-pandai memadupadankan dengan style kendaraan. Dalam memilih kedua komponen ini, kita harus mempertimbangkan tujuannya. Apakah untuk keperluan harian, kompetisi atau untuk kontes sebagai carshow. Semuanya harus serasi karena secara tidak langsung menunjukkan jati diri pemiliknya.

Pabrikan mobil umumnya memasangkan ban pada mobil produksinya dengan velek dan ban OEM (Original Equipment Manufacturer) sesuai dengan karakter mobil. Untuk mobil yang diproduksi masal biasanya menggunakan ban yang lebih ditujukan untuk kenyamanan. Selain menjunjung tinggi faktor kenyamanan, pemilihan pada mobil ban standar juga memperhatikan factor keselamatan dan faktor keawetan komponen kendaraan. Oleh karena itu kendaraan yang dijual dibekali ban yang berprofil tebal.

Berbeda dengan kendaraan-kendaraan sekelas Ferrari, Lamborghini, Porsche dan kendaraan eksotis lainnya yang dibuat untuk tujuan performa dan gaya hidup. Oleh karena itu ban dan velek yang digunakanpun rata-rata berukuran diameter besar dengan ban berprofil rendah alias ban tipis. Ban dengan spesifikasi tersebut ditujukan untuk mendapatkan traksi, akselerasi serta kelincahan bermanuver dengan faktor safety yang sangat tinggi untuk mengimbangi kemampuan kendaraan yang bersangkutan.

Karena Faktor kenyamanan berada pada urutan kesekian, maka jangan harap Anda mendapatkan kenyamanan pada kendaraan-kendaraan eksotis yang kami sebutkan di atas. Dan meskipun demikian kita tidak bisa menampik kalau kendaraan eksotis tadi sangat indah dipandang. Karena umumnya kendaraan dengan velek besar ini digunakan pada mobil-mobil 'mahal' itulah maka banyak para pemilik kendaraan menaikkan ukuran ban dan veleknya agar setidaknya mendekati tampilan mobil-mobil sport eksotis tersebut.

Namun sebelum melaksanakan niat itu, sebaiknya pahami dulu kode-kode yang ada pada ban. Dan yang perlu diperhatikan saat Anda ingin menaikkan diameter roda mobil kesayangan Anda, sebaiknya tidak lebih dari dua inci lebih besar dari ukuran standar OEM. Itu kalau Anda masih peduli faktor kenyamanannya. Misalnya jika mobil Anda saat ini menggunakan velek ukuran 16 inci, maka sebaiknya Anda melakukan pembesaran tidak lebih dari plus dua (+2) yaitu 18 inci.

Kode-kode pada ban

Misalnya ban berkode 215/65R15 89H. Angka '215' adalah lebar telapak ban dalam satuan ukuran milimeter. '65' (Aspek Rasio), adalah rasio/perbandingan antara ketebalan profil ban dengan lebar telapak ban. Angka 65 di sini mengisyaratkan tinggi/tebal ban adalah 65% dari lebar telapak ban. 'R' (konstruksi), adalah pola jalinan benang/kawat yang memperkuat konstruksi ban. 'R' disini berarti ban tersebut memiliki pola jalinan berpola radial. Jika 'B' berarti ban tersebut mempunyai konstruksi sabuk bias (bias belted). Untuk 'D' maka berarti konstruksinya adalah bias diagonal (diagonal bias). Angka 15 berikutnya adalah ukuran diameter rim/velek dalam satuan inci dan angka '89' mengisyaratkan beban maksimal (load index) yang diizinkan pada ban bersangkutan. Sesuai dengan standar industri ban maka kode tersebut memiliki kapasitas beban maksimal sebesar 580 kilogram di tiap ban.

Tabel load Index/ beban maksimal yang diizinkan:

86=530kg
87=545kg
88=560kg
89=580kg
90=600kg
91=615kg
92=630kg
93=650kg
94=670kg dan seterusnya.

Huruf "H" terakhir merupakan indikator kecepatan maksimal.

Tabel indikator kecepatan maksimal yang diizinkan:

G= 90km/jam
H= 210km/jam
J= 100km/jam
K= 110km/jam
L= 120km/jam
M= 130km/jam
N= 140km/jam
P= 150km/jam
Q= 160km/jam
R= 170km/jam
S= 180km/jam
T= 190km/jam
U= 200km/jam
V= 240km/jam
W= 270km/jam
Y= 300km/jam

Jadi ban berkode 215/65R15 89H adalah ban dengan lebar telapak 215mm, ketebalan ban dengan aspek rasio 65% x 215(mm) = 129(mm), berjenis radial dengan ukuran velek berdiameter 15 inci, mampu dibebani seberat 580 kg dengan batas kecepatan aman maksimal 210 km/jam.

Ada perbedaan kode simbol batas kecepatan pada sistem Eropa generasi lawas yang diberi kode 215/65 HR15 yang berarti lebar telapak 215 mm/aspek rasio 65, kecepatan maksimal 210 km/jam, jenis radial dan rim 15 inci.

TR=100 Km/jam.
HR=210 Km/jam.
VR=260 km/jam
ZR=340 km/jam.

Tulisan 'DOT' pada dinding ban, berarti ban tersebut telah memenuhi standar persyaratan dari Departement of Transportation (DOT) Amerika Serikat berdasarkan sistem Uniform Tire Quality System (UTQG) atau tiga jenis kemampuan/tingkatan ban, yaitu keawetan/jarak tempuh, daya cengkeram dan daya tahan terhadap temperatur. Inflation Pressures/Tekanan angin adalah batas maksimum yang diperbolehkan, tetapi belum tentu sesuai untuk jenis mobil Anda. Pakailah selalu tekanan angin yang dianjurkan produsen mobil yang dapat dilihat pada buku petunjuk/manual book.

Di samping kode-kode di atas, ada kode lainnya yang tak kalah penting. Dalam dunia off-road kerap kita mendengar ban berukuran 31 ban 33 dan lain sebagainya. Untuk ban off-road biasanya menggunakan kode sederhana seperti 31 x 10.50 R 15 6PR. Angka 31 adalah ukuran paling luar diameter ban dalam satuan inci, sementara 10.50 merupakan ukuran lebar ban dalam satuan inci, R adalah jenis ban Radial dan 6PR adalah 6 Ply Rating yaitu jumlah lapisan pola jalinan kawat atau benang di dalam ban yang dalam hal ini maksudnya 6 lapisan.

Kode-kode pada velek

Bahasa velek umumnya lebih sederhana dibanding bahasa ban. Sebagai contoh: Sebuah velek tertera kode 7 1/2 (7.5) x 17 kemudian 4/114.3 dan ET +40. Angka 7.5 pada rangkaian kode 7.5 x 17 merupakan lebar velek dalam satuan inci sementara angka 17 merupakan diameter velek dalam satuan inci. Arti angka 7.5 x 17 berarti velek memiliki lebar 7,5 inci dengan diameter 17 inci.
Rangkaian kode 4/114.3 merupakan kode untuk menunjukkan jumlah baut yaitu 4 baut dan 114.3 merupakan kode untuk PCD (Pitch Circle Diameter) yaitu diameter pola lingkaran posisi baut dalam satuan milimeter. Jadi jika ada kode 5/112, berarti velek tersebut memiliki 5 lubang baut dengan PCD 112 mm.

Kode ET merupakan ukuran offset velek. Velek memiliki dua bibir yaitu bibir luar dan bibir dalam. Jika dudukan baut velek berada tepat di tengah-tengah antara bibir luar dan bibir dalam (centerline) berarti velek memiliki offset 0. Posisi dudukan baut velek semakin ke arah luar berarti velek memiliki offset positif demikian pula sebaliknya jika posisi dudukan roda cenderung lebih ke arah dalam berarti negatif. Jadi jika pada velek tertulis ET +40 itu artinya posisi dudukan baut roda pada velek bergeser ke luar sejauh 40 mm.

Umumnya pemilik kendaraan jarang malakukan kesalahan dalam memilih ukuran ban dan velek serta ukuran PCD. Akan tetapi pemilik kerap lalai mengukur offset-nya hingga baru diketahui setelah ban dan velek siap dipasang atau bahkan setelah dipasang pada kendaraan. Kebanyakan problem yang timbul adalah mentoknya ban dengan komponen bodi kendaraan seperti pada bibir spakbor atau fender, piring dudukan pegas suspensi atau dinding apron maupun dinding rumah roda akibat melupakan faktor offset. Kalau sudah begini, biasanya pemilik menyiasatinya dengan menambahkan spacer agar ban tidak mentok. Namun perlu diingat bahwa penggunaan spacer membuat velek memiliki potensi bergeser dari posisinya karena tumpuan velek hanya bergantung pada ikatan baut-baut roda. Seharusnya velek menempel sempurna pada dudukan roda dan tertahan oleh tonjolan poros roda agar posisi roda tetap center pada dudukannya.

Yang tidak kalah pentingnya saat memasang velek, perhatikan lubang tengah velek dan tonjolan pada dudukan velek. Idealnya antara lubang tengah pada velek dan tonjolan hub roda harus masuk secara presisi. Jika Ada celah, sebaiknya Anda meminta ring tambahan untuk di pasang pada center hub roda untuk membantu velek tetap center terhadap poros roda.

www.mediaindonesia.com

Mesin mobil Audi A5 Coupe dijamin sesuai dengan kualitas BBM di Indonesia

Audi A5 Coupe
Audi A5 Coupe Hadir di Indonesia

Berlokasi di Blue Grass Bar & Grill kompleks Epicentrum Kuningan, Jakarta, PT Garuda Mataram Motor (GMM) meresmikan hadirnya Audi A5 Coupe di Indonesia. Audi A5 Coupe terbaru merupakan lanjutan kesuksesan Audi A5 yang sudah hadir dari tahun 2009. Kendaraan dua pintu berkapasitas penumpang 2+2 ini menggunakan konstruksi bodi ringan dari bahan alumunium, baja dan bahan sintetis lain, dipadu dengan mesin efisien 2.0 liter 4 silinder turbocharged yang mampu menghasilkan performa tinggi namun efisien.

Teknologi turbocharged yang diusung mesinnya ditopang oleh pasokan bahan bakar sistem injeksi langsung (direct injection) dan inlet camsaft timing dan saluran variable intake manifold yang mampu beradaptasi menyesuaikan kebutuhan mesin untuk menghasilkan output yang optimal. Kombinasi teknologi tersebut membuat mesin ini sanggup membangkitkan output 211 hp antara 4.300 - 6.000 rpm dengan torsi maksimum 350 Nm pada 4.200 rpm. Untuk berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya memakan waktu 6,4 detik dengan kecepatan maksimum 243 km/jam. Prestasi tersebut juga didukung oleh transmisi otomatis multitronic canggih 8 tingkat kecepatan yang diatur perangkat elektronik agar mampu menyalurkan seluruh tenaga mesin secara efektif.

Selain didukung oleh teknologi powertrain dan drivetrain yang canggih, faktor efisiensi bahan bakar kendaraan ini didukung oleh material berbobot ringan pada bodi dan sasisnya. Komponen suspensi depan dan belakang menggunakan bahan alumunium ringan dan kuat. Pengendalian yang presisi didukung oleh lengan ayun belakang berikut dengan suspensinya yang sudah mendapatkan sentuhan lebih canggih berbentuk trapesium.

Pengemudi dapat memilih karakter berkendara yang diinginkan lewat Audi drive select yang mengatur beberapa elemen lain dalam satu sistem yang terintegrasi dengan power steering, engine management, automatic transmission dan sistem suspensi. Pengendara bisa memilih mode seperti: comfort, auto, atau dynamic. Mengemudi kian menyenangkan berkat dukungan sistem power steering yang diatur secara elektromekanikal. Selain itu, sistem ini mampu menyumbang penghematan bahan bakar 0,3 liter setiap 100 kilometer karena pada saat di lintasan lurus ia tidak membutuhkan energi sama sekali.

Audi A5 Coupe juga dibekali Audi Hold Assist, untuk menghindari kendaraan menggelinding pada saat berhenti di permukaan jalan miring, sehingga lebih aman disaat akan melaju. Fitur Tyre Preassure Monitoring system berguna untuk memonitor tekanan angin masing-masing ban melalui sensor putaran ban. Sepertinya, kita tidak perlu membahas soal sistem keselamatannya. Pasalnya, untuk urusan yang satu ini, pihak Audi AG Jerman tidak pernah sedikitpun memberikan kata kompromi. Begitu pula soal urusan desainnya.

CEO GMM Andrew Nasuri mengatakan bahwa selain Audi A5 Coupe, pihaknya tengah menimang-nimang beberapa model lain yang akan diluncurkan tahun ini. "Audi A5 terbaru ini adalah model pertama yang kami perkenalkan dalam kurun waktu lima bulan pertama di tahun 2012. Beberapa model Audi menarik lainnya sudah masuk agenda kami untuk peluncurannya dalam waktu dekat," ujarnya.

Ia mengisyaratkan bahwa tahun ini setidaknya akan ada tiga model mobil yang akan diluncurkan. Selain model SUV kompak Q3, GMM juga akan menyiapkan model terbaru dari Audi A4 dan A6. "The All New Audi A5 Coupe tersedia dengan harga yang lebih kompetitif yaitu Rp 690 juta off the road Jakarta dengan kondisi standar. Strategi harga tersebut memberikan kesempatan bagi seluruh penggemar mobil berjenis coupe (2 pintu) khususnya Audi di Indonesia untuk dapat memilikinya. Model yang kami tampilkan saat sekarang merupakan versi 'plus' alias Audi A5 Coupe plus dengan menyematkan fitur-fitur tambahan menarik lainnya seperti electric seat, park distance control, lampu Xenon, tempat duduk kulit, velg 18 inci dan lain-lain dengan ada tambahan harga sebesar kurang lebih Rp100 juta," ungkapnya.

Soal lambatnya kehadiran A5 Coupe, Andrew mengungkapkan bahwa hal itu disebabkan proses pengujian kendaraan terkait dengan kualitas bahan bakar yang ada di Indonesia. Andrew menjamin bahwa mesin Audi A5 Coupe telah disesuaikan untuk penggunaan BBM di Indonesia.

www.mediaindonesia.com

Sepeda motor skutik Honda PCX150 resmi dipasarkan di Indonesia

Honda PCX150
Honda PCX150 Terbaru Resmi Diluncurkan di Indonesia

Melanjutkan sukses skutik peremium PCX125, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda PCX150. Dengan kapasitas mesin yang lebih tinggi dari pendahulunya, PCX150 memiliki tenaga lebih besar namun dengan efisiensi bahan bakar yang sama seperti Honda PCX125. Honda PCX125 merupakan skutik premium pertama di Indonesia yang diperkenalkan pada Juni 2010. Dengan mengusung kemewahan desain dan kecanggihan teknologinya, Honda PCX125 berhasil memimpin tren skutik premium di Indonesia.

Honda PCX150 mengusung mesin 150 cc eSP (Enhanced Smart Power) terbaru. Skutik premium ini memiliki tenaga yang lebih besar dari yangs sebelumnya 8.5kw (11,4 hp) @ 8500 rpm menjadi 10kw (13,40) pada 8500 rpm. Penerapan teknologi PGM-FI terkini pada Honda PCX150 membuat skutik ini ramah lingkungan karena sudah memenuhi standar emisi gas buang Euro 3 plus Idling Stop System yang meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Fitur unggulan lain adalah bagasi yang mampu menyimpan helm fullface serta tangki bensin memiliki kapasitas 5,9 liter. Selain itu, skutik premium ini juga memiliki saklar kendali cerdas (smart controller switch) yang memadukan kunci kontak dengan pengaman bermagnet dan tombol pembuka jok dan tangki bahan bakar. Fitur keamanan menggunakan sistem alarm anti maling yang mampu mendeteksi getaran dan gerakan pada saat alarm diaktifkan dengan menggunakan remote control.

Direktur Pemasaran Margono Tanuwijaya mengatakan pesatnya pertumbuhan pasar skutik dalam tiga tahun terakhir menggambarkan kebutuhan konsumen terhadap kepraktisan berkendara sudah terpenuhi. "Sebagian masyarakat membutuhkan skutik dengan kenyamanan yang lebih dan mampu memberikan sensasi performa berkendara yang lebih baik. Honda PCX150 inilah jawabannya. Desainnya mewah dan elegan, tenaganya lebih besar tapi tetap irit seperti Honda PCX125, nyaman dikendarai, serta sarat teknologi canggih", ujarnya.

AHM memasarkan Honda PCX bermesin 150cc ini dengan harga on the road DKI Jakarta Rp33,3 juta. Kendaraan yang ditargetkan terjual 200 unit sebulan ini hadir dengan tiga varian warna yaitu Glamour White, Luxury Red dan Prestige Black. Pengiriman pertama ke konsumen dilakukan mulai 1 Agustus.

Sejak pertama kali diperkenalkan, Honda PCX125 telah terjual sebanyak 5.648 unit. Secara keseluruhan, skutik Honda telah menguasai 63,5% pasar skutik nasional pada periode Januari-Mei 2012 setelah terjual sebanyak 1.163.128 unit.

www.mediaindonesia.com

Sunday, June 17, 2012

Produsen sepeda motor Benelli akan bangun pabrik di Indonesia

Benelli Cafe Racer 1.131 cc
Motor Benelli, 2 Bulan Lagi Hadir

Motor asal Italia, Benelli 'nyempil' di depan Hall A JI Expo Kemayoran. Kabarnya motor terbaru tersebut siap meramaikan pasar motor Indonesia dalam 2 bulan mendatang. Kehadiran Benelli tentu saja bakal menambah semarak pasar motor Indonesia. Sebab, Benelli menawarkan banyak pilihan mulai motor skutik kecil, skutik besar, supermoto, hingga superbike. Dari segi harga, motor Benelli juga relatif terjangkau meski motor tersebut asli Italia.

Untuk entry level seperti Macis, Caffenero, X150, harga motor keluaran Benelli berkisar pada Rp 18 sampai Rp 34,8 juta. Sementara Benelli Cafe Racer 1.131 cc Rp 328 juta, Benelli Tre 1130k 600 cc Rp 139,8 juta, dan Benelli Century racer 900 cc Rp 268 juta.

Meski belum resmi diluncurkan, PT Benelli Motor Indonesia sudah mulai buka inden sejak ajang PRJ dimulai. "Nanti ada acara peluncuran resminya. Di sini kita mau beri tahu ke masyarakat kalau motor Benelli hadir di Indonesia. Kita sudah buka inden bagi pengunjung yang mau pesan motor asli Italia ini," kata Business Development Manager Benelli Motor Indonesia, Joel Kusuma di JI Expo Kemayoran.

Bangun pabrik perakitan di Indonesia

PT Benelli Motor Indonesia siap mengekspansi pasar motor Indonesia lebih dalam lagi. Menurut agenda Benelli Motor Indonesia siap merakit motor Benelli di Citereup. Jika tidak tidak ada halagan proses perakitan akan dimulai pada Juli 2012 mendatang. "Pabrik perakitan kita nantinya di Citeruep yang beroperasi bulan 7 dengan kapasitas 20 ribu pertahun," kata Joel.

Jole menegaskan, pabrik tersebut selain memenuhi pasar motor lokal juga untuk memenuhi pasar motor Vietnam, Thailand.

oto.detik.com

Mobil BMW seri 3 terbaru dengan beberapa fitur canggih

BMW 335i
Inilah fitur-fitur canggih BMW 3 terbaru

BMW Group Indonesia meluncurkan BMW Seri 3 terbaru atau generasi keenam dengan membenamkan beberapa fitur canggih ke dalamnya. Fitur-fitur canggih itu adalah BMW Navigation System Professional atau global positioning system (GPS) yang terintegrasi. Ada tiga varian BMW Seri 3 terbaru di Indonesia yaitu BMW 335i, BMW 328i, dan BMW 320i.

Corporate Communications Director PT BMW Helena Abidin mengatakan sistem GPS itu memuat peta Indonesia dan semua petunjuk jalan terbaru di Indonesia. Petunjuk GPS itu tersedia dalam display beresolusi tinggi dengan tampilan 3D atau layar terpisah dan penerima signal GPS dipasang di atap mobil. "Sistem GPS ini lebih responsif, lengkap dan dapat memantau semua lokasi di Indonesia. Juga dapat membaca perubahan arah dengan cepat dan dapat berfungsi dengan baik ketika di dalam terowongan," katanya pada peluncuran BMW Seri 3 terbaru, Senin (11-06-2012).

BMW 328i Sport Line dan 335 Luxury Line, memiliki fitur suspensi adaptif dengan damping yang dapat dikontrol secara elektronik. Sistem itu menyerap informasi menyangkut akselerasi bodi dan roda, kecepatan mobil dan posisi kemudi. "Pengemudi bisa mengatur sendiri ukuran suspensi yang mereka inginkan," katanya.

SBMW 320i terbaru hadir dengan beberapa fitur standar BMW seperti transmisi otomatis delapan percepatan, auto start/stop function, driving experience control dengan ECO PRO, Servotronic, lampu depan Xenon serta monitor display resolusi tinggi ukuran 8.8 inch. "Umumnya mobil membutuhkan kunci atau tombol untuk membukakan bagasi. Tapi dengan fitur comfort access system, pengemudi tinggal menghentakan permukaan tanah tepat di bawah bagasi dan bagasi akan terbuka secara otomatis," katanya.

Model BMW 335i terbaru sudah tersedia di jaringan dealer BMW dengan harga Rp849 juta off the road, sedangkan BMW 328i dan 320i baru tersedia Oktober 2012. Perkiraan harga BMW 328i Luxury Line dan Sport Line adalah Rp729 ribu off the road, sedangkan BMW 320i Luxury Line dan Sport Line masing-masing dijual Rp649 juta dan Rp599 juta off the road.

otomotif.antaranews.com

Piaggio MP3 Yourban 125, sepeda motor roda tiga model baru

Piaggio MP3 Yourban 125
Piaggio luncurkan roda tiga terbaru

Produsen motor Vespa, PT Piaggio Indonesia, merilis kendaraan roda tiga terbaru MP3 Yourban 125 di Area Pekan Raya Jakarta, Kamis.

"Dua ban di depan membuat kendaraan ini mampu mencakup lintasan yang lebih luas sehingga pengendara aman," kata Direktur Pengelolaan PT Piaggio Indonesia, Sergio Mosca.

Mosca mengklaim suspensi articulated quadrilateral padaddua roda depan mampu menahan laju kejutan dan beban ketika kendaraan miring ke kanan atau kiri.

Motor bermesin empat langkah 124 cc itu mempunyai satu sensor di bawah jok yang mendeteksi keberadaan pengendara.

"Motor tidak akan berjalan meski pedal gas sudah diputar, jika sensor tidak mendeteksi keberadaan pengendara," kata Mosca.

Layaknya mobil, kendaraan dengan panjang badan 204 cm dan lebar 76 cm itu mempunyai rem tangan yang berada dekat panel depan.

Piaggio membanderol motor berkapasitas tangki 11 liter itu seharga Rp99,9 juta on the road Jakarta.

otomotif.antaranews.com

Sepeda motor bebek Yamaha Vega ZR tampil dengan warna lebih segar

Yamaha Vega ZR
Yamaha Vega ZR Tambah Warna Baru

Meski pasar skuter matik (skutik) terus tumbuh subur, tak berarti model bebek tenggelam. Yamaha Indonesia menangkap peluang pasarnya masih bagus, makanya penyegaran tampilan dilakukan pada Vega ZR dengan grafis dan warna baru putih yang bersih serta lebih terang untuk memanjakan konsumen.

Grafis baru tampak pada leg shield dan cover samping yang bermakna memberikan spirit baru dan dinamis bagi para pengguna Vega ZR dengan pilihan warna biru, merah, hijau, hitam dan putih baru yang lebih terang (pure white). Selain Vega ZR biru, hijau dan merah yang diberikan aksen grafis sesuai warna utama, untuk warna putih aksennya merah dan hitam beraksen emas.

Logo Vega ZR juga dibuat lebih mudah dibaca dan tampil gagah, terdapat pada sisi kiri leg shield dan cover samping. Dengan grafis baru dan warna putih teranyar, Vega ZR diharapkan memenuhi kebutuhan konsumen akan kehadiran motor bebek fresh. Vega ZR mengusung tagline "Tangguh, Lincah, Irit". Tangguh artinya awet dan mudah dalam perawatan, lincah (mudah dan nyaman dikendarai), dan Irit (hemat bahan bakar).

Tidak ada perubahan spesifikasi mesin dan harga. Tipe mesinnya 4 tak, 2 Valve SOHC, berpendingin udara dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 6 KW di putaran 7.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,3 Nm di 4.500 rpm. Harga on the road wilayah Jakarta dan sekitarnya 12.100.000 rupiah.

Di bulan Mei tahun ini Vega ZR membantu naiknya penjualan di kategori bebek sebanyak 10 persen dibandingkan April tahun ini, 51.998 unit menjadi 57.291 unit. Vega meningkat penjualannya dari 19.424 unit jadi 21.425 unit dan Jupiter MX yang terjual 22.806 unit dari sebulan sebelumnya 19.105 unit.

otomotif.kompas.com

Saturday, June 16, 2012

Sepeda motor Minerva X-Road 250 dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat

Minerva X-Road 250
Minerva X-Road 250 Siap Diluncurkan

Kelas sepeda motor 250 cc akan diramaikan oleh produk baru Minerva yang peluncurannya dilakukan oleh PT Minerva Motor Indonesia (MMI) dalam dua pekan ke depan. Apong Arfiansyah, General Manager of Sales and Marketing at PT Minerva Motor Indonesia, yang ditemui di stan Minerva PRJ 2012 menyampaikan bahwa model tersebut berbasis X-ROAD 150 S. "Mungkin minggu depan atau dua minggu lagi akan ada produk baru. Kita mau launching yang 250. Modelnya sama sepert ini (X-ROAD 150 S naked bike), tetapi 250 cc," tegas Apong Arfiansyah, Kamis (14/6/2012) sore di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ia belum bisa menyebutkan harga motor tersebut. Namun, sebagai pembanding, MMI sudah memiliki sederet motor 250 cc, masing-masing Megelli 250 RE & RV (dibanderol Rp 34,9 juta), SuperMoto 250 (Rp 26,9 juta), dan Naked 250 (Rp 25,9 juta). Spesifikasinya, X-ROAD 150 S sebagai gambaran dilengkapi spidometer digital, sistem lampu siang di samping tangki (active running day light), muffler yang terletak di bawah jok penumpang (undertail muffler), oil cooler, lampu sein dan lampu belakang LED, serta disc brake dengan double piston.

Target 1.500 unit

Selama PRJ, MMI berani pasang target 1.500 unit untuk semua model. Khusus di ajang ini pun mereka akan memberi jaket eksklusif bagi konsumen, menyediakan test drive di luar gedung JIExpo Kemayoran, dan game berhadiah uang. "Target kami 1.500 unit untuk PRJ ini. Semua CKD, desain di Jerman. Yang diandalkan 150 S, harganya Rp 14,95 juta," sebut Apong.

Di luar PRJ, lanjutnya, pihaknya akan bekerja sama dengan dealer lain dalam pemasaran produk-produknya. "Kita juga mau ada kerja sama dengan SUN Motor, buat dealer kita di Jabodetabek," pungkasnya.

otomotif.kompas.com

Tuesday, June 12, 2012

Cara membuang air di filter solar mobil bermesin diesel

Filter Solar
Membuang Air di Filter Solar

Kualitas solar di Tanah Air sulit ditebak. Bahkan, beberapa ATPM yang memasarkan mobil bermesin diesel kerap melakukan survei dan menemukan banyak perbedaan kendati berasal dari satu merek. Perbedaan bisa dilihat langsung dari warnanya. Untuk menjaga agar mesin tidak rewel karena kualitas solar yang tidak merata itu, perlu perawatan secara teratur pada sistem bahan bakar. Bagian utama yang harus diperiksa adalah separator air (water separator).

Setiap mobil bermesin diesel dilengkapi indikator di panel instrumen untuk menunjukkan kondisi separator air. Berikut tips Teddy dari Bengkel Rev Engineering, tentang cara membuang air dari filter solar.

Lepas filter
Untuk mesin diesel yang sudah menggunakan teknologi common rail, lepas dulu selang masuk dan keluar solar dan soket sensor sebelum melepas separtor air dari tempatnya. Ingat posisi selang! Bila perlu letakkan terpisah agar tidak tertukar saat memasang kembali karena bentuknya sama. Sumbatlah selang dengan kain agar solar tidak berceceran. Hal yang sama juga dilakukan pada lubang di filter. Sebelum filter diangkat, perhatikan pengikatnya, ada yang menggunakan klip (bisa langsung dicabut) atau mur (dilepas dengan kunci pas atau ring).

Bersihkan
Cari tutup pembuangan air, yang biasanya terletak di bagian bawah. Untuk Toyota Innova, tutup berwarna kuning seperti penutup lubang bawah radiator untuk pembuangan. Buka dan keluarkan seluruh air dan solar yang ada di dalamnya sampai habis. Kalau Anda ingin tahu berapa banyak kadar air, tampung buangan tersebut, diamkan dan lihat komposisi airnya.

Pasang kembali
Diawali dengan memasukkan ke tempat semula sesuai posisi awal, dan pastikan bagian-bagian terpasang dengan benar. Kemudian, pasang selang masuk dan keluar, lalu kencangkan pengikatnya. Setelah itu, baru pasang soket.

Untuk diesel modern, sebelum mesin dinyalakan, diamkan dahulu beberapa saat di posisi ACC agar filter kembali terisi. Untuk model lama, harus dipompa terlebih dahulu (pompa tangan).

otomotif.kompas.com

Detil dan fitur Suzuki Nex Super FI

Suzuki Nex Super FI
Suzuki Nex Super FI Aman Pakai Premium

Suzuki Indomobil Sales (SIS) percaya diri dengan produk yang baru diluncurkannya, yaitu Nex Super FI. Diklaim, dengan teknologi injeksi, kerja mesin lebih efisien dan suara lebih halus.

Selain itu, penggunaan sistem injeksi menjadikan saluran buang dilengkapi sensor oksigen untuk menjaga campuran udara dan bahan bakar tetap konsisten.

Untuk mempermudah mesin dihidupkan saat dingin, pengatur gas (throttle control) dilengkapi dengan idle speed control.

Lainnya yang dinilai istimewa dan belum digunakan pada skutik lain adalah tip over sensor, sistem yang mematikan mesin bila sepeda motor miring 65 derajat atau lebih.

Dijelaskan pula, untuk bahan bakar, motor ini tetap bisa menggunakan premium karena perbandingan kompresinya masih di bawah 10. "Kami sudah mencoba semua premium. Pengetesan dilakukan hingga 20.000 km.

Bahkan dalam uji coba, beberapa kali tim memasukkan bensin 'botolan' (eceran tidak resmi di luar SPBU). Ternyata tidak menimbulkan masalah pada system injeksi," papar Paulus Sugih Firmanto, Direktur Penjualan dan Pemasaran Suzuki R-2.

Untuk layanan purna-jual, bukan hanya ketersediaan suku cadang yang menjadi perhatian kami, melainkan juga harganya yang terjangkau. "Kami jamin harga suku cadang Nex Super FI tidak lebih mahal dari kompetitor," tutup Paulus.

Spesifikasi
Mesin
Tipe
4-langkah, 1 silinder, pendingin udara
Katup
SOHC, 2 katup
Diameter langkah              (mm)
51 x 55,2
Kapasitas                           (cc)
113
Perbandingan Kompresi
9,4
Tenaga                      (PS/rpm)
9,4/8.800
Torsi (Nm/rpm)
8,7/6.500
Sistem bahan bakar
Fuel injection (AC 22)
Sistem pengapian
CDI
Sistem starter
Elektrik dan engkol
Transmisi
CVT/V-belt
Tangki                             (liter)
3,5
Sasis
Suspensi depan
Teleskopik, per ulir, peredam oli
Suspensi belakang
Lengan ayun, per ulir, peredam oli
Roda depan
70/90-14 M/C 34P
Roda belakang
80/90-14 M/C 46P
Kelistrikan
Aki
12V (3,0 Ah)/10HR
Lampu depan                   (watt)
12V 32W/32Wx1
Dimensi
P/L/T                                 (mm)
1.850 x 665 x 1.035
Jarak sumbu                      (mm)
1.235
Jarak pijak                         (mm)
135
Tinggi jok                          (mm)
735
Berat kosong                      (kg)
87
 
otomotif.kompas.com